Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kanjeng Ratu Kidul, Penguasa Laut Selatan ( *update )

"Kanjeng Ratu Kidul" (150x120cm) karya Herri Soedjarwanto
Difoto indoor dengan memakai lampu blitz / flash
Lukisan ini dipamerkan dalam Pameran Seni Rupa

"Ratu Kidul dan Dunia Mitos Kita" 
di Balai Soedjatmoko ( Bentara Budaya-nya Solo) tgl 24-30 April 2010, dan dimuat di katalog pameran.

Pameran dikuti pelukis senior yang cukup ternama seperti Djoko Pekik, Ivan Sagito, Nasirun, I Gusti Nengah Nurata, Suatmadji dan lain-lain.

(klik disini untuk melihat resensinya di  kompas.com) 
 Catatan: Agak mustahil bagi anak Jawa untuk tak mengenal atau  tak pernah dengar sama sekali tentang mitos  yang sangat melegenda : Nyi Roro Kidul. Setidaknya dari yang saya alami sendiri, ada tiga episode berbeda dalam pikiran dan perasaan saya, yang merupakan proses belajar dan pencerahan diri dalam menyikapi ‘keberadaan’ Nyi Roro Kidul.

Kanjeng Ratu Kidul (croping), difoto outdoor tanpa blitz.
(sebagai perbandingan warna)
Ketika masih bocah , ditanamkan dalam benak saya bahwa Nyi Roro Kidul adalah sosok yang sangat menakutkan, penculik anak, pembawa sial, penebar penyakit, pertanda kematian, pencabut nyawa dan masih banyak lagi predikat negative lainnya yang seram-seram. Sosok yang  muncul dalam gambar pikiranpun sangat menyeramkan, seperti tampilan nenek sihir dalam dongeng dan diiringi para tentara lelembut yang ganas menyeramkan.

Beranjak muda remaja, mulai muncul gambaran Nyi Roro kidul yang cantik tapi masih tetap dengan sifat yang menakutkan...Bayangan tentang sifat yang menakutkan inipun berangsur menipis, bahkan sosok Nyi Roro Kidul sendiri berangsur hilang (bukan terhapus), sembunyi dari pikiran sadar.

Hal ini terjadi bukan karena “mengerti”, atau mendapat info yang benar, tapi lebih  karena dilawan dan ditekan keras oleh rasio, dan ‘akal sehat’ yang dengan arogan (seolah) ‘selalu menang dan benar’ dengan mengatakan :”.. ah itu kan hanya mitos yang dibuat untuk tujuan politis...”

Setelah lewat waktu yang panjang, secara kebetulan dan tak sengaja, sering kontak dengan orang-orang yang “ngerti”dunia lain, maka mulai terbuka mata hati ini.  Saya menjadi tahu bahwa ada dua sosok yang berbeda, Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul.

            Konsep Lukisan:
Beliau Kanjeng Ratu Kidul adalah seorang Ratu yang sangat cantik jelita, seorang wanita sakti yang baik hati, mempesona, berakhlak mulia, lurus dan kuat keimanannya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Keberadaan  Sang Ratu yang mulia dan mempesona ini menarik perhatian bangsa lelembut /makhluk halus/ jin. Mereka menilai beliau akan mampu memimpin, mengajari, mengarahkan bahkan menyelamatkan mereka sampai ke akhirat, saat kiamat nanti. Merekapun bersepakat memohon beliau untuk menjadi Ratu mereka.

Dengan ikhlas beliau menerima dan berpindah dari alam manusia ke alam gaib di laut selatan.. Maka jadilah Kanjeng Ratu Kidul yang mulia ini menjadi penguasa para lelembut , bertahta di Laut Selatan

Sedangkan yang selama ini membuat citra negative dengan isu-isu menakutkan  adalah sang patih / senopati Kanjeng Ratu Kidul yang ber nama Nyi Roro Kidul, atau pengikut dan peniru yang lain yang mengaku-aku. Karena (mungkin) itu memang ‘tugas asli’ kaum mereka untuk  menyesatkan manusia yang ‘sengaja minta disesatkan”… entahlah …wallahu alam. ( herri soedjarwanto )


( info :Lukisan ini dan kisah pembuatannya,  dimuat di majalah Misteri nomor 493, edisi awal Agustus 2010. Halaman 120-121. ) Mau lihat/baca? silahkan klik kanan gambar majalah di bawah ini.





13 komentar:

  1. ane dah habis baca majalahnya masbro,. ane baru tahu kalo Ratu Pantai Laut Selatan seperti itu..
    salam seni : seni rupa

    BalasHapus
  2. Yaah..negri tercinta ini banyak menyimpan misteri yang menarik untuk disikapi positif... juga penuh misteri untuk dicermati.. misal... misteri Hambalang, misteri Suap Daging sapi, misteri kemiskinan di negri kaya, dan.. (..eh?..ini sih misteri sisi lain yaa??) OK , makasih seni rupa.. maju terus seni rupa Indonesia..

    BalasHapus
  3. Luar biasa indahnya lukisan anda pak....terus berkarya , salam sejahtera...

    BalasHapus
  4. Itulah mistis yng di goreskan lewat seni...
    Terus berkarya dengan seni

    BalasHapus
  5. assalamualaikum..

    thun 2005 sya prnh tnpa sngaja brjlan d atas samudra selatan,anehnya sya brjalan mngambang d atas air.singkt crita sya d kejutkn dg hdirny sgerombolan pasukan yg dpimpim serg ratu dg duduk d atas kreta kncana brwarna emas dg ukiran seekor naga,dtarik 8 kuda.d thun itu usiaku msi muda,labil.entah atas dorongan apa,,tiba sya mnyuruhny tuk brhijab scra syariat islam.sosok itu hny trsenyum..llu sya pun mnantang duel dg nya,dg isi prjnjian..jk sya mnang mka dy hrs brhijab dn jk sya kalah mka sya tdk kn mnganggu at mngusikny lgi.singkt crita sya yg mnang,dn sosok itu mundur..akhirnya sya fokus tuk kmbli k raga sya dn trbngun.d mlm brikutnya sya d jmput 4 utusanny tuk d undang hdir d istananya,lgi lgi sya brjlan d atas air.ssmpai d tngah samudra air laut trbelah dn trlihat pintu msuk gapura yg megah wrna emas.lengkp dg para pnjga item besar d smping kiri knan gapura dg senjta gadha.sya d smbut dg bak sprti raja dsna..bhkn sya pun d pnggil kanjeng oleh ratu d istana trsebut..sya ingin d jdikan suami krn hny laki laki yg mampu mngalahkn ny yg brhak jdi suaminya.sya mnolakny,llu sya ijin pmit pulang..nmun sblm itu dy brpesan pintu istana ini slu trbuka tuk ku bila swtu saat sya ingin brsilaturhmi..

    itu sklumit kisah batiniah sya..
    salam ta'dzim🙏

    BalasHapus
  6. nyimak juga,sambil nyamuk2 nasi

    BalasHapus
  7. Yth. Bpk Herri,

    Maaf mahar lukisan Kanjeng Ratu Kidul tersebut berapa yaa?
    Dan kalau yang ukuran nya lebih kecil (tapi sama persis) itu mahar nya berapa?
    Matursuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth Bp/Ibu APj
      Ukuran yh lebih kecil itu, maksudnya ukuran berapa yg dikehendaki?? Kalo yh ada itu ukuran 110x150cm ...

      Maaf saya baru tahu bahwa ada komentar/ pertanyaan dari Bp/ibu APj di sini. Sebab memang blogspot tak ada tool notifikasinya... Apabila berkenan, bagaimana kalo perbincangan ini kita lanjutkan di WA saja? ... Ini adalah nomor WA saya: -081328996666- silahkan menghubungi saya 🙏🙏 atau mohon minta nomer WA Bp/Ibu.

      Hapus
  8. Mengapa setiap pelukis berbeda beda dalam melukis kanjeng ratu kidul?Wajah beliau berbeda dalam setiap lukisan yang dilukis oleh seniman yg berbeda pula.Penggambaran wajah beliau mana yg asli? Apakah versi affandi, basuki abdullah atau mas herri ini?

    BalasHapus
  9. [Pertama]..Secara umum, perbedaan penggambaran itu wajar saja, karena sosok /tokoh tersebut hidup di masa lampau, atau masa kini tapi di alam lain yg tak ada fotonya sebagai acuan bersama .. Contoh lain misal Yesus, bunda Maria, Budha, dll dst .. juga akan digambarkan berbeda- beda. Tergantung imaji pelukis dan budaya setempat.

    [Ke dua] jawaban secara khusus..
    Basuki Abdulah melukis KRK +/- 6X,.. selalu memakai gadis MODEL yg berbeda2. Jadi gambar 6 wajah KRK karya B.A saja sudah ber -beda2. Itu saja sudah meeupakan, bukti yg kuat bahwa B.A Tak pernah bertemu, ataupun melihat KRK.!!

    Dan semua modelnya sakit keras, tanpa sebab, ada yg sampai meninggal.

    Saya bbrp kali bertemu dg beliau KRK, sebelum mulai melukis beliau ..
    Jadi ketika bbrp kali melukis KRK cukup dg daya ingat saja, tak pernah pakai model.

    Affandi sejauh pengetahuan saya tak pernah melukis KRK..

    Begitu mbak Shinta ..

    BalasHapus

tulis komentar, pertanyaan, usul / saran disini