Lukisan Pemandangan Alam , Panorama yang Indah , Landscape….


"Landscape Gunung Bromo",  oil/canvas 135x250cm.
karya: Herri Soedjarwanto.
Koleksi : Gedung Negara Grahadi , Surabaya.
Bagi seorang pelukis, melukis sebuah pemandangan alam yang indah adalah suatu cara untuk refreshing ..ber-rekreasi dan relaksasi  yang  produktif.  Berbeda dengan melukis obyek realisme naturalism lain (orang dan kehidupan, atau alam benda) yang harus memikirkan konsep dengan serius,  terikat dengan aturan  proporsi dan anatomi yang ketat.. dan seterusnya… melukis pemandangan agak lebih longgar dan lebih relaks.. menyegarkan perasaan dan membebaskan pikiran. Hingga menjadi  segar lagi, dan siap untuk masuk lagi  kedalam garapan  lukisan yang lebih rumit dan berat.
Mungkin itulah sebabnya mengapa para maestro,  pelukis terkenal dan ternama seperti Raden Saleh, Basuki Abdullah, Dullah, dan bahkan pelukis  terkenal  di  dunia seperti Rembrandt, Van Gogh.. dll,  banyak juga yang melukis pemandangan alam, meskipun sebetulnya mereka bukanlah “pelukis pemandangan”.

" Suasana Pagi di Padepokan Klampis Ireng" Purisemanding.
Karya: Herri Soedjarwanto
Bagi para peminat / kolektor lukisan yang setiap hari sudah dipusingkan dengan urusan bisnis yang menyesakkan, maka memasang lukisan pemandangan di ruang kerjanya bagaikan melongok keluar sebuah jendela berpanorama indah , ventilasi yang menyejukkan, menentramkan, menerawangkan pikiran.. membantu refreshing… bahkan mungkin membantu memecahkan masalah…                      
lihat artikel  &  lukisan Herri lainnya yang terkait :
Membajak sawah...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...