Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Affandi Sang Maestro, Lukisan Orisinal karya : Herri Soedjarwanto

affandi sang maestro
Seorang  kolektor bilang bahwa ia sering menemukan foto lukisan  Affandi karya saya  di Internet , di website orang lain. Setelah saya cek … memang benar … banyak tulisan, artikel, bahkan berita tentang Affandi  di media massa nasional yang menggunakan  lukisan karya saya itu sebagai  image potret diri Affandi ..

Satu sisi, tentu saya senang  melihat lukisan saya bisa  bermanfaat untuk orang lain. Namun di sisi lain saya juga agak prihatin dan menyesalkan  bahwa : mereka yang telah mengambil manfaat dari lukisan tersebut, ternyata tega menghapus nama saya sebagai penciptanya.. padahal dampaknya sangat jauh menyesatkan .
*lihat contoh2 website di bawah ini ...


affandi sang maestro di NRM news
Aslinya, pada foto lukisan “Affandi “ tersebut sudah saya cantumkan tulisan: karya Herri Soedjarwanto ..  Namun  ketika  mereka  mengambil dan menggunakan foto  tersebut dengan gratis tanpa ijin…  tulisan itu sengaja dihapus / dipotong ... kok tega ya ?.. saya nggak habis pikr, Kok sempat-sempatnya mereka  meluangkan waktu cuma untuk menghapus dengan sengaja ? Apa untungnya buat mereka.. ?? Kenapa tak dibiarkan saja tulisan itu? Apa juga sih kerugian  bagi mereka jika tertera nama pencipta lukisannya ?

affandi sang maestro di Suara Pembaruan
Mereka yang telah mengambil manfaat dari lukisan tersebut, ternyata tak cukup punya  etika dan kesadaran moral, untuk menghargai karya orang lain.

Ah sudahlah,  di manapun akan selalu ada “oknum”  yang berperilaku buruk seperti itu …

 Kenapa ini perlu saya tegaskan  ? .. karena , selain kasus lukisan “Affandi sang Maestro” tersebut, … cukup sering saya temui  tulisan  yang membahas soal Naturalisme, Romantisme atau realism dengan menyorot  tokoh sentral Raden Saleh dan  Basuki Abdullah, tetapi  ternyata contoh lukisan yang dipajang adalah lukisan original karya Herri Soedjarwanto ..!!  tanpa menyebut namanya, atau telah dihapus tulisan namanya..

affandi sang maestro di blog berita
Mengingat tak semua pembaca punya pemahaman mendalam  soal lukisan, jelas ini berpotensi menyesatkan ,  dan yang pasti secara pribadi saya dirugikan.

Karena karya cipta original Herri Soedjarwanto  tiba-tiba saja  “dibajak/diakui /dipublikasikan “ sebagai karya Basuki Abdullah atau Raden Saleh atau Affandi …  Dan saya sebagai pelukis pencipta orisinal lukisan tersebut  , terkena getah malah disangka sebagai  yang mengcopy …  Ini kan sudah menjurus fitnah …  TERR..LAA..LUU.. (kata bang Haji Roma)

Yaah… sudahlah… yang penting Anda sekarang tahu , bahwa lukisan “Affandi sang Maestro” yang banyak beredar  dimana-mana itu  adalah… lukisan original  karya  Herri soedjarwanto…  bukan  karya Affandi, bukan karya Basuki Abdullah , apalagi Raden Saleh.. 


(ini hanya contoh sebagian kecil web saja, sebetulnya masih banyak contoh website yang lain lagi ....)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tulis komentar, pertanyaan, usul / saran disini