Lukisan Keindahan Cinta, KasihSayang dan Kebahagiaan

        Lukisan  Pesanan Khusus yang Unik
        Lukisan Potret  Keluarga Bahagia.

"Happy Family", (2013),  karya Herri Soedjarwanto.
Dalam melukis pesanan potret Herri punya komitmen :
Lukisan harus lebih bagus kualitasnya, lebih indah dan 

lebih hidup dari pada foto acuannya.
Intro: 
Sejatinya lukisan pesanan tak ada bedanya dengan lukisan karya pribadi. Yang penting adalah kualitasnya. Asalkan bagus, tinggi kualitasnya, ia berhak berada di tempat tinggi , mendapat penghargaan tinggi, bersanding dengan karya lukis tingkat tinggi yang manapun.

Lihat saja : Mona Lisa-nya Leonardo Da Vinci.
 Night Watch-nya Rembrandt Van Rijn, 
Marie de Medici-nya Peter Paul Rubens....(dan masih buaanyak lagi).. itu semua adalah karya
-karya Agung Dunia, yang dibuat berdasarkan pesanan ...Nah...renungkan..dan coba pikir ulang...semoga yang suka memandang rendah lukisan pesanan segera bertobat..dan diampuni dosanya..(he-he-he-he..)..

Lukisan yang mendamaikan

Pebruari 2013 yang baru lalu, saya baru saja menyelesaikan salah satu lukisan pesanan terindah yang pernah saya kerjakan. Lukisan ini tergolong istimewa, unik dan menarik

Bahkan waktu transfer DP 50%, yang berarti ‘teken kontrak’ resmi dimulainya pengerjaan lukisan itu pun , jatuh pada tanggal yang unik dan cantik : 12-12-’12. Entah hal itu disengaja atau tidak oleh Mr J.W. (pemesan lukisan), yang jelas ini memang  lukisan pesanan khusus yang unik.

Saya paling suka menggarap lukisan potret wajah dengan tema cinta, kasih sayang dan kebahagiaan. Misalnya Lukisan Potret Sepasang Pengantin, Lukisan potret Ibu danAnak, Lukisan Potret Keluarga , Lukisan Sepasang Suami Istri bersama  Putra-putrinya dan lain sebagainya.

Melukis  tema  semacam ini membawa kita masuk ke dalam  sebuah suasana indah,  penuh cinta,  kasih sayang ,kedamaian dan kebahagiaan.
Perasaan yang selalu diliputi keindahan ini memancar, mewarnai, mempengaruhi dan berimbas langsung pada kehidupan nyata kita sehari-hari... Dan begitulah:.. seni memang seharusnya membawa kedamaian..


AWAL CERITA
Saya sedang di Bali ketika menerima  e-mail (30-Nopember-12) dari seseorang yang belum saya kenal, tapi sudah melihat lukisanku di website.  Pada saat membuka email dan melihat foto keluarga itu , saya langsung  tertarik . Foto ini memancarkan energy positif yang besar sekali..! Saya merasa seperti ada sesuatu dari foto itu yang langsung  menyusupi  bathinku , masuk jauh ke dalam hati...

Foto sepasang suami istri dengan tiga orang anak balita yang lucu-lucu. Saling bersentuhan, berpelukan  mesra dalam sebuah komposisi  yang hangat , wajar , natural, tak dibuat-buat dan tidak kaku..  Harus  saya akui sulit sekali untuk mendapatkan momentum yang pas dan tepat seperti itu.

Istri dan anakku yang ikutan melihat pun langsung  jatuh hati. Apalagi  melihat mimik wajah  lucu dan menggemaskan dari  ketiga  bocah balita itu.

FOTO  DAN MASALAHNYA
Alasan  utama dan mendasar  yang membuat saya mau mengerjakan lukisan potret wajah adalah : dari hati yang paling dalam , saya suka dan tertarik  sekali dengan  foto ini. Suka dan tertarik,  adalah modal dasar kuat untuk menciptakan  sebuah lukisan yang kuat dan berkualitas tinggi.
Sebuah foto keluarga yang sangat ideal. Mungkin bukan hasil jepretan yang sempurna, banyak kekurangannya. Penyinarannya hanya dari lampu flash dan dari arah depan agak tengah, sehingga obyek terlihat rata/ datar, tak nampak anatomi wajahnya. 

Tapi subtansinya sebagai foto tentang sebuah keluarga bahagiasungguh  sempurna sekali... Bagaimana dengan kekurangannya tersebut..?.. 

Selain tugas utama itu , ada beberapa rincian masalah lagi yang harus ditaklukkan

Tantangan  1: Gigi..!!
Untuk kebanyakan  pelukis , dari jaman dulu sampai sekarang…. melukis gigi masih merupakan “momok” yang menakutkan. Pada umumnya mereka bersikap: kalau bisa dihindari saja, pilih obyek yang mingkem.

Dari lima wajah dalam foto itu , empat diantaranya tersenyum dan tertawa  ceria mempelihatkan deretan giginya .  Secara teknis realis, semua pelukis juga tahu bahwa : melukis wajah tertawa yang  kelihatan giginya adalah pekerjaan  yang paling sulit bahkan  paling  gawat …!!  Kesalahan tone dan warna yang tipiiis dan sedikiiiit  saja , senyum yang seharusnya cantik dan indah itu bisa-bisa  malah jadi  mengerikan seperti  Dracula atau Mak Lampir…

Tantangan  2 : Ukuran lukisan yang  unik
Ketika pertama membaca ukuran lukisan, saya sempat mengira itu salah ketik.  Ukuran lukisan yang  diinginkan adalah 60 x 150 cm. Pada hal fotonya untuk format 60 x 70cm
Itu sangat  tidak sinkron dan tidak kompatibel.. Unik sekali, sebuah lukisan Potret dalam format landscape… Itu berarti ada bidang kosong di kanan kiri yang sangat luas…  Satu problem yang sangat menantang….!!

Tantangan  3 : Isi dan Makna Lukisan
Dalam  E-mailnya Mr J.W. yang baik hati ini menuliskan  semua  keinginan, harapan dan tujuannya mengapa membuat lukisan itu , disertai penjelasan mengenai ‘ukuran unik’ yang dikehendakinya.... Ooh,.. ternyata semua itu berdasarkan pada Feng Shui keluarga.

“Pak Herri, kami minta tolong dibuatkan lukisan berdasarkan semua yang telah kami paparkan. Soal bagaimana mengisi  bidang yang kosong, bagaimana agar semuanya menjadi harmonis ,  saya pasrahkan semua pada Pak Herri.”

Setelah memahami semua yang dikehendaki, saya segera meminta agar beliau mengirimkan foto-foto memori, nostalgia , tempat favorit atau apapun yang dekat di hati dan kehidupannya. 
Setelah semua terkumpul, segera kususun komposisinya, dengan memasukkan semua unsur yang memungkinkan.

Seminggu kemudian, ketika desainnya selesai,  kuperlihatkan via e-mail, Mr. J.W. langsung disetujui.
Besoknya, tepat tanggal 12-12-’12 beliau kirim DP 50% dari harga , sebagai tanda jadi, lukisan mulai dikerjakan.

Lukisan Realisme, 
makin lama dikerjakan makin bagus.
( asalkan pelukisnya  punya  cukup  ilmu untuk melakukan itu )

Pada mulanya  lukisan ini diminta selesai dalam waktu 2 minggu, untuk dipakai di ultah perkawinan.

“Begini Pak, ada 5 wajah dalam lukisan ini, dan terlihat giginya pula, yang berarti makan waktu lebih. Idealnya 1 wajah dikerjakan dalam waktu 1 minggu, jadi butuh 5 minggu.  Saya bisa menyelesaikan dalam 2 minggu, tapi pasti belum bagus, dan tidak memuaskan. Jadi setelah acara itu selesai, tolong dikembalikan lagi, untuk saya sempurnakan lagi. ”

Selama proses penggarapan lukisan , secara berkala progresnya step by step aku kirim via email. Karena terlibat langsung melihat prosesnya (meskipun cuma dari e-mail), akhirnya Mr J.W.  mengerti bahwa Semakin lama lukisan dikerjakan , hasilnya akan semakin bagus. Akhirnya beliau  berubah pikiran..

“ Pak Herri nggak usah terburu-buru, yang penting lukisannya jadi bagus.”

Karena waktu tak menjadi masalah,  saya bisa all out untuk membuat lukisan ini menjadi masterpiece atau paling tidak target minimalnya  : Lukisannya harus lebih bagus dari pada foto acuannya.

Akhirnya medio Pebruari 2013 lukisan ini selesai juga . Menjadi salah satu lukisan pesanan potret terindah yang pernah saya kerjakan.  

Catatan Unik dan menarik :
Orang memesan lukisan biasanya melalui proses : pertama  sms-an dulu, kemudian telepon , kirim foto dan data lain via email.  Selanjutnya ada yang minta bertemu dan bicara langsung agar lebih yakin.  Bahkan ada pula yang kirim tiket minta saya datang ke tempat tinggalnya. Maksudnya tentu agar puas dan tuntas dalam mengungkapkan apa yang diinginkannya dengan lukisan itu, mengingat tarif / beaya yang kuajukan relatif cukup besar. 

Tapi kali ini benar-benar unik, dalam arti positif  bahwa:  beliau ini rupanya benar-benar yakin dan percaya total sepenuhnya, tanpa syarat,  kepadaku.

Semua proses yang terjadi diatas , sejak  pengiriman foto-2, perencanaan komposisi sampai disetujui, kemudian soal harga sampai  deal dan transaksi, kemudian disusul transfer dana yang relatif besar.. dsb…. tak pernah sekalipun kontak-kontakan melalui sms atau per telephon. Dengar suaranya pun tak pernah… apalagi bertemu muka... Bahkan nomer hp nya saja aku tak tahu..!!  

Semua hal dikomunikasikan hanya lewat e-mail…. Tercatat ada 53 e-mail bolak balik selama proses pembuatan lukisan ini sampai selesai.

Akhirnya pada saat pengiriman lukisan , barulah kami bertukar nomer hp, agar cepat bertindak seandainya terjadi apa-apa dengan lukisan tersebut di jalan....dan... akhirnya  itupun hanya satu sms : 

"Terima kasih Pak Herri lukisan sudah diterima dengan baik dan hasilnya sangat memuaskan". Cuma itu...dan kujawab dengan sms doa :

"Semoga dengan hadirnya lukisan yang didasarkan dengan Feng Shui keluarga ini, Tuhan semakin menambah berkat, kebahagiaan dan keberuntungan, Amiin "



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...