Kumpulan Top Comment Top Diskusi


[Soal Jawab + Top Comment..Inspiratif... about lukisan, melukis, pelukis ]



Catatan: Sudah 2 widget  yang sebetulnya usefull, dihapus oleh blogspot .. saya khawatir yang inipun kelak akan dihapus pula... Jadi sedia payung sebelum hujan.: saya copy paste seluruh isi Diskusi yang penting ditambah lagi beberapa dari Top Comment.... 
(sory masih berantakan, belum sempat nyusun..)


Kisah unik dan nyata: Membanting pintu pelukis Dullah.!!

kisah mas dengan Bpk Dullah,,menginspirasi saya dan tentunya banyak orang mas herri..memang sangat sulit untuk menjadi mutiara kalau belum pernah di lumat kerang...dan alhamdulillah kalau saya dapat cacian yang bikin saya down,,,di sinilah saya mencari semangat mas herri..terima kasih...saya nggak pernah bosan membaca kisah membanting pintu Bpk Dullah itu mas.
imam almahfudz 2/9 5:03pm

Antara Desain Grafis dan Melukis

muhamad lukman hakim 3 days ago - Shared publicly
Mas herri saya ingin sedikit konsultasi mas,saya ini skarang sedang kuliah di jurusan desain grafis,tetapi saya ingin bisa di seni lukis lebih tepatnya fokus di seni lukis.nah apakah ada yang salah sama keinginan saya ini?terus menurut mas Herri langkah saya alangkah baiknya gimana ya mas..mohon pencerahannya
Terima kasih banyak mas Herri :)



Herri Soedjarwanto
Saya yakin Anda lebih tahu apa yang terbaik buat diri Anda mas +muhamad lukman hakim ... namun karena ditanya, saya akan coba sharing dari sudut pandang yang lebih luas.. yaitu menghadapi kehidupan di masa depan.

Tak ada salahnya ingin fokus di seni lukis meskipun sedang kuliah desain grafis.. toh masih saling terkait.. sama2 memproduk gambar.. satu hal yang tentunya Anda sukai...
Justru ada sisi positifnya..

Lihat fakta dan realitanya :
1-Kegiatan melukis itu proses seumur hidup... sedangkan kuliah desain grafs relatif pendek waktunya... jadi selesaikan saja..

2-Hidup sebagai pelukis itu penuh tantangan berat. Melukis itu mudah, tapi "menjual" lukisan itu gak mudah..... keahlian lain sangat dibutuhkan untuk menunjang hidup saat terjadi paceklik . Keahlian apapun itu .. termasuk desain grafis.

3-Semakin banyak persiapan "senjata" yang kita miliki untuk menghadapi hidup... tentu semakin baik..

4-Semoga kelak bisa menjadi pelukis sukses !! .... tapi seandainya tidakpun, hasrat untuk melukis itu gak ada matinya... .. Nah pada saat itulah baru terasa bahwa Anda bisa terus melukis dengan tenang tanpa merisaukan gimana menjualnya, kalau ada sumber pendapatan lain...

Sharing pengalaman
Saat kelas 2 SMA saya sudah putuskan untuk jadi pelukis. Sejak saat itu , sebelum lukisan laku terjual, saya banyak mengerjakan : poster, spanduk, baliho, slide bioskop (manual) , dekorasi pengantin , membuat hiasan janur/ kembar mayang untuk pengantin, alat peraga (gambar) untuk SD, komik Kho Ping Hoo, menjaga stand Pasar Malam.. dll

Saya sangat beruntung , karena saat ini saya tak perlu melakukan semua pekerjaan itu dan hanya total melukis saja..

Jadi kesimpulannya... tak ada salahnya belajar banyak hal , bahkan suatu saat akan sangat membantu...

muhamad lukman hakim 18 minutes ago - Shared publicly
Oh iya ya mas.semua tak ada salahnya untuk fokus dalam hal positif seperti seni lukis meskipun saya di desain grafis juga..terima kasih saran dan sharing pengalamannya mas Herri,semua saran dan pengalaman mas Herri sangat menginpirasi.akhirnya saya sekarang sudah dapat pencerahan dari jawaban mas Herri bagaimana setidaknya langkah kedepan saya.sekali lagi terima kasih mas saya sangat senang amat amat senang bisa dapat pencerahan dan saran yang berharga dari mas Herri..
... Selalu menginspirasi :))

Hai mas Heri saya terkesan melihat banyak lukisan realis anda. Kalau misalkan salah satu lukisan realisnya dipamerkan di suatu acara di kampus saya dalam acara seni rupa, kira2 berminatkah? Mohon Jawabannya. Terimakasih
Amanda Agustine Syarief 1/31 12:10pm

Buta Warna..+ Bagaimana Lukisan Lebih Hidup..??

saya haturkan terimakasih banyak untuk pak herri atas kesediaannya berbagi ilmunya yang sangat bermanfaat. penjelasan dari pak herri sangat membesarkan hati orang-orang buta warna yang ingin tetap bisa melukis dengan indah. sekali lagi saya ucapkan terima kasih. salam hangat dan selamat berpuasa. :)
adi satria 7/11 6:51pm

to : adi satria
1-Seorang buta warna bisa melukis realis , .. Cukup dengan satu warna saja ( monochrome) .dan tidak usah takut kalah bagus dan kalah kuat dengan lukisan yang berwarna..!! Penjelasan: Sebuah lukisan realis dibangun oleh beberapa unsur penunjang ,
yaitu: 1)-Sket / drawing, 2)- Komposisi. 3)-Value / tone . 4)-. Tehnik / Goresan. 5)- Warna… Kalau harus membuang satu unsure , dan lukisan masih tetap bagus dan kuat, maka itu adalah unsure ke 5 (warna).. Lukisan sudah bisa menjadi kuat dan bagus bila dibangun berdasar unsur 1 ,2,3,4 saja. Yang paling menentukan membuat lukisan kuat, menarik dan mengesankan adalah unsure ke 3 (value/tone), bukan warna..!! Kalau tone / valuenya lemah, lukisan terlihat lemah..meskipun diberi warna menarik. Warna memang membuat indah, tapi kalau diterapkan dengan value/tone yang salah, lemah, tak ada artinya. Sebaliknya walaupun tanpa warna , tapi kalau tone nya tepat, bagus,.. akan terlihat sebagai lukisan kuat dan bagus.
 2-Tips untuk yang buta warna …hindari melukis obyek yang kekuatan keindahannya mengandalkan banyak warna, dengan bentuk anatomi yang kurang jelas.. Sebaliknya pilih obyek yang banyak mengandalkan kontras, menonjolkan bentuk dan anatomi yang jelas. Meskipun dengan sedikit warna bahkan hanya satu warna ( monochrome )
3- Pencahayaan .. adalah factor yang sangat penting untuk membuat anatomi wajah lebih jelas terbentuk.. Namun itu belum menjamin bahwa lukisan akan lebih hidup.. Harus tetap diingat bahwa kedalaman rasa si seniman-lah yang membuat lukisan lebih hidup… Perbanyak latihan olah rasa..
Herri Soedjarwanto 7/10 1:21pm


pak herri saya ada beberapa pertanyaan. apakah mungkin seorang yg buta warna melukis realis? ataukah ada tips tertentu untuk orang yang buta warna, dalam kasus ini mungkin lebih tepatnya buta warna sebagian (parsial). kemudian, apakah kunci dari sisi teknis melukis foto agar lukisan lebih hidup selain mendalami objek yang kita lukis. apakah dari sisi pencahayaan yang membuat anatomi wajah lebih jelas terbentuk? ataukah hal lain? terima kasih atas kesediaanya menjawab pertanyaan saya. salam hangat.
adi satria 7/9 7:32pm


 Perlu Jam Terbang yang Tinggi
Galang: makasih sharingnya mas, keren. Semakin banyak ilmu bermanfaat di gratiskan. semakin banyak orang2 bermanfaat yang mendapatkan ilmu yang dicari. Sebenernya dulu saya sering ngegambar (sketsa kasar atau ilustrasi pensil, tentang apapun yang bisa saya gambar) ketika rutinitas gambar 3-4jam sehari dihilangkan. Digantikan rutinitas kuliah, nirmana, desain juga males2 an. Kemampuan ngegambar saya turun derastis. bahkan bisa dikatakan 0. Dari sini saya sangat setuju perlu adanya jam terbang tinggi. Kalau mau jadi seniman jangan terlalu banyak mikir sih (kalo buat teknis, hajar aja, langsung ngulik) kerjain aja, Kalo banyak mikir teortis, gak bisa2 dll, itu alasan terbaik anda untuk segera menjadi seniman banyak alasan (doyan berbicara, minim kemampuan) galang
@Galang, koment yg sangat menarik + kritis! Mungkin teman2 perlu baca juga. klik Top Comment Galang di atas.. Makasih dan selamat bergabung..
Herri Soedjarwanto 4/19 6:27pm

 Cara melatih lukis realis agar sama obyek aslinya...??
Mas Imam.. Ini untuk awalnya dan singkatnya saja : 1)-Banyak mengamati / melukis langsung obyeknya (bukan foto). 2)-Persiskan, persiskan lagi dan lagi !! 3)-Mulailah dari yang paling gampang, yaitu alam benda.. 4)-untuk wajah, mulailah melukis wajah sendiri dari cermin... Untuk jelasnya : sebetulnya 'rahasia' nya sudah saya buka di tulisan2 sebelumnya, tak urut memang, tapi kalo rajin buka2 "Tanya Jawab" / "Problematika realisme", pasti ketemu benang merahnya... Baiklah suatu kali nanti akan saya tuliskan tutorial step by step yang lebih lengkap.. Salam sejahtera..
Herri Soedjarwanto 4/1 5:37pm

salam sejahtera mas..nama saya imam. saya tertarik dengan lukisan andaa. karena memang saya suka lukisan realis, nah untuk bisa melukis real sama seperti aslinya latihannya gimana mas....>
imam almahfudz 3/20 11:19am



Menggambar dengan Media Digital ..??

Alaikumslm mas Budi.. (1)-Dari kacamata seni, pada prinsip dasarnya: dengan media apapun, seseorang bisa mencipta karya (melukis) sama baiknya dengan apa atau siapapun.. selama dia punya komitmen, dedikasi, integritas, loyalitas dan totalitas yang tinggi.!! (2)-Dari kacamata "bisnis" , Melukis/menggambar dengan media digital termasuk hal "baru". Tantangan hal baru adalah, orang belum sepenuhnya percaya ( ada pro/kontra).. Kenyataan di lapangan saat ini misalnya, secara umum lukisan yang "diketahui / dicurigai" mengandung unsur digital harganya amat sangat murah.. . karena orang menghitung/membandingkan dengan poster atau baliho-baliho di jalanan yang prosesnya digital.. Mungkin suatu saat nanti media digital bisa diterima dan diperlakukan secara adil... tapi entah kapan...?? Kalau kita coba bandingkan dengan batik... Sampai sekarangpun batik tulis masih tetap dinilai dan dihargai lebih tinggi dari pada batik printing... Agaknya sampai detik ini , secara umum dalam hal karya seni, dunia masih lebih menghargai buatan tangan ( hand made ).. Begitulah ... apakah ini menjawab pertanyaan Anda?.. semoga.. Salam..
Herri Soedjarwanto 1/2 10:12am

Assalamualaikum, Pak Herri. Saya menggunakan media digital untuk menggambar, apakah saya bisa melukis sama baiknya dengan para pelukis tradisional? karena saya tak memiliki cukup uang untuk membeli kain kanvas dan cat minyak. terima kasih atas waktunya, dan mohon maaf bila saya mengganggu.
Budi Arso 1/1 12:47pm

Acrylic
Alaikmslm, acrylic dan cat minyak sama2 material utk melukis. Sama2 bagus. Bedanya: acrylik pencairnya air, super cepat kering, kalo sudah kering liat /ulet, mengandung semacam plastik/karet. Meskipun harga relatif murah dibanding cat minyak, tapi bisa jadi malah lebih boros, karena sisa cat di palet langsung kering tak bisa dipake lagi. Beda dg oil, sampe seminggu lebih masih terus bisa dipakai. Sekarang ini, hampir semua produsen cat minyak juga bikin acrylic.. Di Bali ada berpuluh merk acrylic (juga oil) dari berbagai negara eropa , asia & amerika. Di solo paling hanya ada Talens, Winsor, Galeria, Maries, .. yang akhir ini paling murah kalo mau coba2.
Herri Soedjarwanto 12/10 6:35pm

asslmlmk.. pa sy mau tanya.. cat akrilik itu seperti apa sih pa, kalo ada merek, contohnya apa ya pa..... trimakasih pa
Iyan 12/10 9:31am




Trimakasih P Herri..atensinya insyaALLAH paske solo boleh mampir ke gallery njenengan matur nuwun.
Eko 12/3 4:25pm

Alaikumsalam, salam kenal juga mbak Eko, lukisan kuno apalagi bagus kualitasnya, tentu punya nilai tersendiri.. selamat dah.. mau jadi kolektor ya? ..semoga sukses juga.
Herri Soedjarwanto 12/2 9:19pm

asmw..P Herri,sy dpt lukisan tua dari saudara di solo,objek potret wajah wanita berbusana etnik jawa,pakai perhiasan jawa...cmn tanda tangannya terlihat Sueja ato gmn blm bs amati dengan jelas,tapi bagus banget tuh objeknya kuno piguranya juga sampun keropos...matur nuwun salam kenal P Herri ...semoga sukses
Eko 12/2 6:49pm
Bagaimana Cara Agar Lukisan dilirik Kolektor
Alaikumsalam kang Uus.. 1) Lukisan harus "orisinal ide sendiri". 2) Kualitas harus yang "the best". 3) Taruh di tempat para kolektor singgah. misal: galeri, pameran, hotel berbintang dlsb, niscaya akan dilirik para kolektor. Sedangkan untuk sampai dibeli / dikoleksi para kolektor maka point 1) dan 2) adalah MUTLAK tak bisa ditawar-tawar lagi.. slmt mencoba..
Herri Soedjarwanto 9/30 3:21pm

assalamualaikum.... pak herri kalau boleh saya minta saran dan nasihat dari bapak , bagaimana caranya agar lukisan kita dilirik oleh para kolektor, terima kasih pak
Uus Kusmana 9/24 12:33am



thankz mz herri.... atas tipsnya, pasty akan saya coba...
Wiji 3/8 2:49pm
Lukisan Belum Jadi, Jenuh.. Apa Solusinya..??
Sdr Wiji,.. jawaban untuk pertanyaan Anda saya angkat untuk bahan postingan terbaru.. silahkan tengok..tks (klik judul diatas)
Herri Soedjarwanto 3/1 11:14am

Alaikumsalam sdr Wiji, makasih.. pertanyaan sederhana tapi sangat penting & mendasar.. kenapa begitu??.. Rasa jenuh adalah tanda awal sebuah kegagalan atau sebaliknya tanda kesuksesan dari sebuah proses kreatif dalam sebuah totalitas.. makanya tak mungkin dijawab pendek... Jadi akan saya jawab dalam postingan mendatang.. Tunggu & sabar yaa.. gak lama kok..
Herri Soedjarwanto 2/24 8:15pm

Assalamu'alaikum mz herri...saya juga hobby melukis, tapi kadang-kadang ketika lukisan belum jadi, saya sudah merasa jenuh. mungkin ada solusi kusus untuk itu ...mohon bantuannya,,,terima kasih...
Wiji 2/23 1:38pm
Bingung Memilih Aliran Seni Lukis..??
Alaikumsalam Lazio..Tks, Sementara kujawab singkat:-- Para maestro dunia yang karyanya abadi dan dikenal luas, adalah mereka yang kemampuan realisnya kuat.!.. Mulailah dari sana. Kalau Anda kuat di realis akan sangat mudah merambah dan mengeksplor aliran lain yang Anda sukai.. Tak perlu memilih.. ikuti hatimu, jalani dengan tekun.. pada saatnya Anda akan "dipilih" atau "dipaksa" mengikuti aliran yang pas dengan dirimu.. OK? nanti akan saya siapkan postingan untuk menjelaskan.
Herri Soedjarwanto 12/8 9:33am

assalamualaikum......saya hoby melukis ,tetapi sampe sekarang bingung memilih aliran,karena semua aliran saya suka dan ingin mencoba.mohon arahanya
Lazio Yono 12/8 12:06am

 Untuk menjadi pelukis sukses, Apakah harus menggelar pameran?

Pak Heri, apakah untuk menjadi seorang pelukis yang sukses harus menggelar pameran? Bagaimana agar lukisan2 karya sendiri bisa dikenal orang tanpa harus menggelar pameran mengingat mahalnya biaya penyelenggaraan pameran? Terima kasih atas pencerahannya.
Unknown 11/3 9:02am

tks.. karena hal ini banyak ditanyakan, saya buat jawabannya dalam postingan kali ini.. silahkan baca.. jangan ragu kalau ada yang mau ditanyakan lagi...(klik judul diatas)
Herri Soedjarwanto 11/4 6:36pm

Amiin..makasih Adit ..telah bergabung, juga atas doanya & .. smoga blog sederhana ini manfaat & jadi pintu berkah bagi kita semua..
Herri Soedjarwanto 9/29 12:09am

lukisannya keren-keren om..unik :) semoga menjadi pintu berkah kedepannya ..amin :D
aditya.ardan 9/28 5:07pm

Soal Jawab. klik kotakbiru,baca Total= ‎(44)‎
..Apa yang sebaiknya saya tulis agar lebih bermanfaat untuk Anda & kita semua??.. Nah..silahkan Anda bertanya atau komentar apa saja seputar lukisan.. niscaya akan sangat membantu untuk bahan postingan .. tks
Herri Soedjarwanto 7/27 5:01pm

lukisannya bagus-bagus, karakternya kuat....cocok buat interior rumah.
vano-architect 3/17 8:46am


Thanks mas buddy, smoga ada manfaatnya.. ini juga ada postingan baru soal 'modal dengkul-ngeyel'.. saya kadang bingung mau nulis apa, jadi memang perlu dirangsang dan didesak dengan pertanyaan...
Herri Soedjarwanto 3/12 7:11am

bagus mas ceritanya,,bner2 unik,,spele dan suatu hal yg biasa namun mngndung sesuatu yg sangat2 brmakna.....
buddysaputra 2/27 10:57pm

Apa kuncinya agar belajar nggak gampang males, bahkan kadang bosen..??

assalamu'alaikum mas herri. apa kuncinya biar kita belajar nggak gampang males, bahkan kadang bosen.. soalnya sekarang aku sedang belajar nglukis, tp kadang nggak mud. gimanatu mas cara ngatasinnya?? trimakasih
ghiyats 1/29 7:06pm
Jawab: @ghiyats.. males bosen gak mood, itu godaan syetan yang pengin kita gagal, jadi lawanlah jangan ikuti syetan.. biar gak males

1)harus punya target jelas apa yang ingin dicapai, dan jadwalkan kapan itu harus tercapai.. lantas bertekad bulat untuk mencapai nya.

2)tempelkan itu di dinding dekat kalender yang sangat mudah anda lihat, hingga mudah dicek tiap saat apa anda sesuai jadwal?

3)bosen? harus ganti suasana, butuh variasi, diatasi dengan melakukan hal yang berbeda tapi masih dalam lingkup ajar nglukis. Misal sedang lukis kakek dengan cat minyak, bosen, pindah kanvas lukis gadis/cat minyak... atau obyeknya tetap kakek, medianya ganti pensil /kertas.. dst,. pokoknya jangan berhenti mencapai target.

4) gak mood?..jangan tunggu mood datang, undang dia, pancing dia, "paksa" dia datang.!!. caranya? ambil kertas dan pensil. Bismillah.. mulai segera gambar apa saja yang tampak di depan mata, gak usah dipikir: bisa kucing, pohon, kursi, gelas, adik , kakak, wajah anda sendiri di cermin, teman, pokoknya apa saja (asal jangan istri orang.. ntar jadi masalah)... sebentar kemudian akan terasa mood nya sudah datang... saat itulah anda bisa pindah ke lukisan utama..

Setelah sering lakukan itu, anda akan terbiasa... baru pegang pensil atau kuas... moodnya sudah langsung datang... Semua yang kutulis berdasar pengalaman.. dan manjur buat saya. semoga cocok pula buat ghiyats... Masih ada lagi? tanyakan aja, kujawab sebisaku... wassalam herri-solo 1/30 2:19am

Herri Soedjarwanto 2/25 7:11am..baca tulisan terkait:
 Apa Rahasia / Langkah Awal Mendasar untuk menjadi Pelukis..?

terimakasih mas,, sekarang saya sudah mulai mendapat titik terang menangani masalah saya. bolehkah saya maen ke sanggar atau tempat mas di solo? saya pengen ngobrol2 secara langsung kalo bisa. saya butuh motifator semacam mas herri. terimakasih,, wassalam.
ghiyats 1/30 9:15am

Syukurlah... senang bisa membantu, .. untuk waktu dekat ini belum bisa, karena jadwal keliling keluar kota untuk beberapa minggu.. nanti kukabari kalau sudah tiba di Solo lagi..
Herri Soedjarwanto 1/30 12:21pm
trimakasih atas semua bantuannya mas,, saya tunggu infonya. wassalam
ghiyats 1/30 8:28pm


Apa Kuncinya Agar Bisa Menjadi Pelukis Sukses?

mas heri yg terhormat... saya buddy di surabaya..... saya ingin tanya,,apa dimaksud dengan "pelukis yg baik dan benar" atau scara singkat sperti yg anda katakan kemarin "kerja keras dengan cara yang benar"..... terima kasih.....
buddysaputra 1/23 7:21pm

"KUNCI SUKSES" pelukis:: .. Mas Buddysaputra, Thank's atas pertanyaannya... Kemarin Anda bertanya: Apa kuncinya untuk menjadi seorang pelukis yang sukses?

Menurut saya yang pertama dan yang lebih penting itu menjadi "pelukis yang baik dan benar" terlebih dulu.. Kenapa begitu?.. karena kalau orang sudah menjadi ' baik dan benar'..apa dan siapapun dia (bukan hanya pelukis) maka ia berhak mendapat kesempatan lebih besar untuk sukses.

Untuk menjadi "pelukis yang baik dan benar" tentu saja dibutuhkan kerja keras dengan cara dan arah yang benar pula. Karena kalau hanya kerja keras saja, tapi cara dan arahnya salah, makin menjauhkan diri dari sukses.. Atau sebaliknya cara dan arahnya sudah benar, tapi malas-malasan tak mau kerja keras, yah.. takkan ketemu sukses.. Jadi , keduanya harus menyatu : kerja keras dengan cara dan arah yang benar.. .

Sementara ini, sekedar sebagai intro / pengantar, cukup sekian dulu ya.. Untuk lebih jelasnya, dalam waktu dekat akan saya tulis dan kirim postingan tentang topik yang kita bicarakan hari ini. Tunggu ..dan harap sabar.. karena buat saya nulis itu nggak gampang...terutama dalam hal menyisihkan waktu, kalau pas lagi banyak kerjaan lukisan.. hehehe... harap maklum.. salam.
Herri Soedjarwanto 1/24 12:16pm  (... tulisan sudah diposting, klik judul diatas.)

terimakasih
ghiyats 2/4 12:49am

kutipan yg bagus mas..bisa saya jadikan titik terang buat saya agar lebih berfokus, kerja keras,dan meningkatkan hasil karya saya agar mncapai tujuan yg diinginkan,,,makasih banyak mas,,salam.........
buddysaputra 1/30 10:23pm

assalamu'alaikum mas buddysaputra, perkenalkan aq ghiyats dari salatiga, kalo boleh tau mas buddy juga suka nggambar to? saya bisa lihat karya2 mas budi nggak? untuk motifator. saya bisa melihatnya dimana?
ghiyats 2/4 12:49am







Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...